Minggu, 23 November 2008

RPP 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester : VII, 1
Standar Kompetensi : 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar : 5.1. Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Indikator : 1. Mampu menemukan ide-ide menarik dari dongeng yang diperdengarkan
2. Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit Nomor : 3





A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan

B. Materi Pembelajaran
Mampu menemukan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengarkan. Hal-hal yang menarik dari dongeng, antara lain: tema, tokoh, alur, pesan/amanat dongeng, latar, dsb.
- Mendengarkan teks dongeng (CD disediakan oleh guru)
- Mengidentifikasi hal-hal menarik dari dongeng tersebut
- Menemukan alasan yang logis
C. Metode Pembelajaran
1. pemodelan
2. demonstrasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

1. Kegiatan Awal (apersepsi) ( 10 menit )
a. Guru dan siswa bertanya jawab tentang dongeng.
2. Kegiatan Inti ( 65 menit )

a. Guru membuat/membagi kelompok menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok 6 siswa
b. (Teknik pembagian kelompok) guru membagikan 6 buah kertas folio bertuliskan huruf awal nama binatang (misalnya, “KATAKU”, Kijang, Ayam, Tikus,Angsa, Kuda, Ular)
c. Setiap kelompok menyiapkan yel-yel sesuai dengan nama kelompoknya
d. Dalam posisi kelompok, siswa memperhatikan rekaman dongeng (berupa CD) yang telah dipersiapkan oleh guru
e. Setelah selesai mendengarkan rekaman dongeng, siswa diberi tugas, yaitu menentukan ide-ide menarik, merangkaikan ide-ide menarik menjadi hal-hal yang menarik.

3. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
a. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru menutup pembelajaran yang telah berlangsung
Pertemuan Kedua

1. Kegiatan Awal (apersepsi) ( 5 menit )
a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang dongeng yang telah diperdengarkan
b. Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
2. Kegiatan Inti ( 70 menit )

a. Kelompok diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugas sebelumnya, kemudian setiap kelompok diberikan kesempatan untuk membacakan hasil pekerjaan di depan kelas (misalnya 1 kelompok mewakilkan 1 siswa)
b. Sebelum memulai tampil, wakil kelompok menyampaikan yel-yel sebagai penambah semangat
c. Ketika wakil kelompok membacakan hasil pekerjaan, kelompok lain diberikan kesempatan untuk menilai penampilan temannya
d. Dipilih hasil pekerjaan / penampilan terbaik menurut penilaian siswa (misalnya tiga kelompok)
e. Guru memberikan penghargaan (berupa jabat tangan, souvenir medali yang dikalungkan)

3. Kegiatan Penutup ( 5 menit )

a. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru menutup pembelajaran yang telah berlangsung
E. Sumber Belajar
1. CD Rekaman Dongeng (judul dongeng: “ Akibat Kecerobohan Dewa”, “Tiga Tersangka”, “Singa dan Tikus”
2. Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (mengenai dongeng):
Penulis Pardjimin, Penerbit Yudhistira, halaman (85 – 88, 164 – 167)
Penulis E. Kosasih dan Joko Mumpuni, halaman 182 – 185)

F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : uraian
3. Soal / Instrumen : Menemukan ide- ide menarik dan merangkaikannya menjadi hal-hal yang menarik disertai dengan alasan yang logis!
1. Penilaian Proses
Rubrik Penilaian Proses (Lembar Observasi)
Nama Siswa/Kelompok : ……………………………………..
Kelas : ……………………………………..
No.
Aspek yang Diamati
Skor
1.
Perhatian/antusiasme selama PBM
1 – 3
2.
Keaktifan
1 – 3
3.
Partisipasi/kerja sama dalam kelompok
1 – 4
Keterangan:
Kriteria aspek No. 1 : skor 1 kurang perhatian, skor 2 cukup perhatian, skor 3 perhatian
Kriteria aspek No. 2 : skor 1 kurang aktif, skor 2 cukup aktif, skor 3 aktif
Kriteria aspek No. 3 : skor 1 kurang , skor 2 cukup baik, skor 3 baik, skor 4 sangat baik

Nilai Akhir = Jumlah Skor x 10

2. Penilaian Hasil

Rubrik Penilaian Hasil
No.
Aspek yang Dinilai
Deskriptor
Skor
1.
Kesesuaian ide dengan isi
Ide yang menarik sesuai dengan isi
50
2.
Kesesuaian ide dengan alasan
Alasan yang dikemukakan sesuai dengan ide dan logis
30
3.
Bahasa
Bahasa yang digunakan baik dan benar
10
4.
Kalimat efektif
Keefektivan kalimat
10



100
Skor maksimum 100

Nilai Akhir = Perolehan Skor
---------------------------- X skor ideal (100)
Skor Maksimum (100)

Mengetahui
Kepala Sekolah,


Drs. Subagyo
NIP 131124848
Kalibawang, 31 Juli 2008
Guru Mata Pelajaran,


Sigit Slamet Raharta, S.Pd.
NIP 132191425



LEMBAR KEGIATAN SISWA(LKS)
Nilai Kelompok/Pribadi:

…………… Nama Kelompok : ......................................................................................
Anggota Kelompok : 1……………………………….
2……………………………….
3……………………………….
4……………………………….
5……………………………….
6……………………………….
Kelas : VII A
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang

Soal :
1. Menentukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang telah didengar

Judul Dongeng : ……………………………………………………………………..
Tokoh-tokoh dalam Dongeng : …………………………………………………………….............

a. Tulislah ide-ide menarik dari dongeng yang telah didengar!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b. Merangkaikan ide-ide menarik menjadi hal-hal yang menarik disertai dengan alasan yang logis!
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar: