Minggu, 23 November 2008

RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester : VII, 1
Standar Kompetensi : 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar : 5.2. Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
Indikator : 1. Mampu menemukan isi dongeng yang telah diperdengarkan
2. Mampu menunjukkan relevansi isi dongeng yang didengar dengan situasi sekarang
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit Nomor : 4





A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menunjukkan relevansi isi dongeng dengan kehidupan sekarang

B. Materi Pembelajaran
Mengapresiasi dongeng
- Mendengarkan teks dongeng (CD disediakan oleh guru)
- Memahami isi dongeng
- Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan kehidupan
C. Metode Pembelajaran
1. pemodelan
2. demonstrasi
3. inkuiri
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal (apersepsi) (± 10 menit )
a. Siswa menyimak kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
b. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi dongeng.
c. Guru dan siswa mengidentifikasi pokok-pokok isi dongeng
d. Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan.
2. Kegiatan Inti (± 65 menit )

a. Guru membuat/membagi kelompok menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok 6 siswa
b. (Teknik pembagian kelompok) guru membagikan 6 buah kertas folio bertuliskan huruf awal nama binatang (misalnya, “KATAKU”, Kijang, Ayam, Tikus,Angsa, Kuda, Ular)
c. Setiap kelompok menyiapkan yel-yel sesuai dengan nama kelompoknya
d. Dalam posisi kelompok, siswa mendiskusikan isi dongeng dan relevansinya dengan kehidupan sekarang.

3. Kegiatan Penutup (± 5 menit )
a. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru menutup pembelajaran yang telah berlangsung
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal (apersepsi) (± 5 menit )
a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang isi dongeng dan relevansi dengan kehidupan sekarang
b. Siswa berkelompok sesuai dengan kegiatan sebelumnya
2. Kegiatan Inti (± 70 menit )

a. Kelompok diberikan kesempatan untuk menyelesaikan tugas sebelumnya, kemudian setiap kelompok diberikan kesempatan untuk membacakan hasil pekerjaan di depan kelas (misalnya 1 kelompok mewakilkan 1 siswa)
b. Setelah selesai menyelesaikan tugas, siswa mewakili kelompok menyampaikan isi dongeng dan relevansinya dengan kehidupan sekarang yang telah ditulisnya dengan menggunakan bahasa sendiri
c. Sebelum memulai tampil, wakil kelompok menyampaikan yel-yel sebagai penambah semangat
d. Ketika wakil kelompok membacakan hasil pekerjaan, kelompok lain diberikan kesempatan untuk menilai penampilan temannya
e. Dipilih hasil pekerjaan / penampilan terbaik menurut penilaian siswa (misalnya tiga kelompok)
f. Guru memberikan penghargaan (berupa jabat tangan, souvenir medali yang dikalungkan)
3. Kegiatan Penutup (± 5 menit )

a. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah berlangsung.
b. Guru menutup pembelajaran yang telah berlangsung
E. Sumber Belajar
1. CD Rekaman Dongeng (judul dongeng: “Kecerobohan Dewa”, “Tiga Tersangka”, “Singa dan Tikus”
2. Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (mengenai dongeng):
Penulis Pardjimin, Penerbit Yudhistira, halaman (85 – 88, 164 – 167)
Penulis E. Kosasih dan Joko Mumpuni, halaman 182 – 185)
F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : uraian
3. Soal / Instrumen : Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan kehidupan sekarang
Penilaian Proses
Rubrik Penilaian Proses (Lembar Observasi)
Nama Siswa/Kelompok : ……………………………………..
Kelas : ……………………………………..
No.
Aspek yang Diamati
Skor
1.
Perhatian/antusiasme selama PBM
1 – 3
2.
Keaktifan
1 – 3
3.
Partisipasi/kerja sama dalam kelompok
1 – 4
Keterangan:
Kriteria aspek No. 1 : skor 1 kurang perhatian, skor 2 cukup perhatian, skor 3 perhatian
Kriteria aspek No. 2 : skor 1 kurang aktif, skor 2 cukup aktif, skor 3 aktif
Kriteria aspek No. 3 : skor 1 kurang , skor 2 cukup baik, skor 3 baik, skor 4 sangat baik

Nilai Akhir = Jumlah Skor x 10

1. Penilaian Hasil

Rubrik Penilaian Hasil
No.
Aspek yang Dinilai
Deskriptor
Skor
1.
Isi dongeng
Isi dongeng sesuai
30
2.
Relevansi
Relevansi dengan situasi sekarang
50
3.
Bahasa
Bahasa yang digunakan baik dan benar
10
4.
Kalimat efektif
keefektivan kalimat
10



100
Skor maksimum 100

Nilai Akhir = Perolehan Skor
---------------------------- X skor ideal (100)
Skor Maksimum (100)

Mengetahui
Kepala Sekolah,


Drs. Subagyo
NIP 131124848
Kalibawang, Juli 2008
Guru Mata Pelajaran,


Sigit Slamet Raharta, S.Pd.
NIP 132191425


LEMBAR KEGIATAN SISWA(LKS)
Nilai Kelompok/Pribadi:

……………
Nama Kelompok : ......................................................................................
Anggota Kelompok : 1……………………………….
2……………………………….
3……………………………….
4……………………………….
5……………………………….
6……………………………….
Kelas : VII A
Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang
Soal :
1. Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

Judul Dongeng : ……………………………………………………………………..
Tokoh-tokoh dalam Dongeng : …………………………………………………………….............

a. Isi dongeng

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b. Relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Tidak ada komentar: