Minggu, 23 November 2008

Silabus

SILABUS

Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII/1
Standar Kompetensi : (Mendengarkan) 5 . Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
Mendengarkan Dongeng (guru membawa CD yang berisi rekaman dongeng)
Berjudul ”Akibat Kecerobohan Dewa”, ”Tiga Tersangka”, ”Singa dan Tikus”
1. Mendengarkan rekaman dongeng, siswa dalam bentuk kelompok, @ kelompok 6 siswa
2. Menuliskan ide-ide menarik dan merangkaikannya menjadi hal-hal yang menarik disertai dengan alasan yang logis
3. Membacakan hasil pekerjaan (setiap kelompok diberikan kesempatan)
4. Menilai dan menanggapi penampilan dari tiap kelompok

· Mampu menemukan ide-ide menarik dari dongeng yang diperdengarkan
· Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan

Tes
tes tertulis

1. Temukanlah ide-ide menarik dan rangkaikanlah menjadi hal-hal yang menarik disertai dengan alasan yang logis dari dongeng yang telah kalian dengar
3 x 40 menit
Rekaman Dongeng dalam bentuk CD, buku teks yang berisi dongeng
















SILABUS

Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII/1
Standar Kompetensi : (Mendengarkan) 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
Mendengarkan Dongeng (guru membawa CD yang berisi rekaman dongeng)
Berjudul ”Akibat Kecerobohan Dewa”, ”Tiga Tersangka”, ”Singa dan Tikus”
1. Mendengarkan rekaman dongeng, siswa dalam bentuk kelompok, @ kelompok 6 siswa
2. Menuliskan isi dongeng
3. Menuliskan relevansi isi dongeng dengan situasi/keadaan sekarang
4. Membacakan hasil pekerjaan (setiap kelompok diberikan kesempatan)
5. Menilai dan menanggapi penampilan dari tiap kelompok

· Mampu menemukan isi dongeng yang telah diperdengarkan
· Mampu menunjukkan relevansi isi dongeng yang didengar dengan situasi sekarang

Tes
Tes tertulis

1. Tunjukkanlah relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

3 x 40 menit
Rekaman Dongeng dalam bentuk CD, buku teks yang berisi dongeng












SILABUS

Sekolah : SMP Negeri 1 Kalibawang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII/1
Standar Kompetensi : (Menulis) 8 .Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
Menulis Kembali Dongeng yang Pernah Dibaca atau Didengar
1. Berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng yang sudah pernah didengar/dibaca
2. Merangkai pokok-pokok dongeng menjadi sebuah urut-urutan/teks/naskah dongeng dengan kalimat sendiri
3. Menukarkan hasil pekerjaan kepada temannya (dalam satu kelompok) dan saling disunting
4. Memajang hasil pekerjaan di papan pajang kelas/sekolah
· Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
· Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng

Tes
tes tertulis

1. Tulislah kembali dongeng yang pernah dibaca/didengar berdasarkan pokok-pokok dongeng yang sudah disusun!

2 x 40 menit
Rekaman Dongeng dalam bentuk CD, buku teks yang berisi dongeng

Tidak ada komentar: