Minggu, 23 November 2008

RPP 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor : 5
Sekolah : SMP Negeri 9 Yogyakarta
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, Semester : VII, 1
Standar Kompetensi : 9. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan
dongeng
Kompetensi Dasar : 5.2. Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca
Atau didengar
Indikator : 1. Mampu menentukan pokok-pokok dongeng
2. Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng
Alokasi Waktu 2 x 40 menit





A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menuliskan kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar

B. Materi Pembelajaran
Penulisan dongeng
- Teks dongeng (CD disediakan oleh guru)
- Cara menulis kembali dongeng
- Penulisan
C. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal (apersepsi) (10 menit )
a. Siswa membaca /mendengarkan dongeng
b. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi dongeng.
c. Siswa berdiskusi untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
2. Kegiatan Inti ( 65 menit )

a. Guru membuat/membagi kelompok menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok 6 siswa
b. (Teknik pembagian kelompok) guru membagikan 6 buah kertas folio bertuliskan huruf awal nama binatang (misalnya, “KATAKU”, Kijang, Ayam, Tikus,Angsa, Kuda, Ular)
c. Dalam posisi kelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok dongeng
d. Siswa mendiskusikan dongeng untuk menentukan pokok-pokok dongeng dan urutannya
e. Siswa menyusun pokok-pokok dongeng dan urutannya
f. Siswa menulis kembali dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng yang sudah ditentukan
g. Siswa dan guru menyepakati format penulisan menulis
h. Siswa berlatih menuliskan kembali dongeng yang dibaca sesuai dengan urutan pokok-pokok dongeng yang disusunnya
i. Siswa menuliskan kembali dongeng yang dibaca sesuai dengan urutan pokok-pokok dongeng yang disusunnya secara individu
j. Dalam satu kelompok hasil pekerjaan saling ditukarkan, dikoreksi, dan dinilai
k. Salah satu wakil dari tiap kelompok membacakan hasil pekerjaan
l. Penampilan dari tiap kelompok dinilai (dipilih tiga terbaik)
m. Guru mengucapkan selamat dan penghargaan kepada kelompok yang terbaik
n. Selain hasil pekerjaan ditukarkan dan dinilai oleh siswa, semua hasil pekerjaan dikumpulkan kepada guru untuk dinilai
3. Kegiatan Penutup (5 menit )
a. Siswa dan guru merangkum / menyimpulkan cara menulis kembali dongeng yang baik
b. Siswa dan guru melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
c. Guru menutup pembelajaran yang telah berlangsung
E. Sumber Belajar
1. CD Rekaman Dongeng (judul dongeng: “Kecerobohan Dewa”, “Tiga Tersangka”, “Singa dan Tikus”
2. Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (mengenai dongeng):
Penulis Pardjimin, Penerbit Yudhistira, halaman (85 – 88, 164 – 167)
Penulis E. Kosasih dan Joko Mumpuni, halaman 182 – 185)
F. Penilaian
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk : uraian
3. Soal / Instrumen : Tulislah kembali dongeng yang pernah dibaca / didengar berdasarkan pokok-pokok dongeng yang sudah disusun!



1. Penilaian Proses
Rubrik Penilaian Proses (Lembar Observasi)
Nama Siswa/Kelompok : ……………………………………..
Kelas : ……………………………………..
No.
Aspek yang Diamati
Skor
1.
Perhatian/antusiasme selama PBM
1 – 3
2.
Keaktifan
1 – 3
3.
Partisipasi/kerja sama dalam kelompok
1 – 4
Keterangan:
Kriteria aspek No. 1 : skor 1 kurang perhatian, skor 2 cukup perhatian, skor 3 perhatian
Kriteria aspek No. 2 : skor 1 kurang aktif, skor 2 cukup aktif, skor 3 aktif
Kriteria aspek No. 3 : skor 1 kurang , skor 2 cukup baik, skor 3 baik, skor 4 sangat baik

Nilai Akhir = Jumlah Skor x 10

2. Penilaian Hasil

Rubrik Penilaian Hasil
No.
Aspek yang Dinilai
Deskriptor
Skor
1.
Kesesuaian isi
Isi dongeng sesuai dengan pokok-pokok dongeng yang disusun
50
2.
Kalimat
Kalimat yang baik
10
3.
Diksi
Penggunaan pilihan kata
20
4.
Gaya bahasa
Penggunaan majas
20



100
Skor maksimum 100

Penghitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sbb:

Nilai Akhir = Perolehan Skor
---------------------------- X skor ideal (100)
Skor Maksimum (100)


Mengetahui
Guru Pamong / Pembimbing,


Rudjito, S.Pd.
NIP 130680192

Yogyakarta, Juli 2008
Guru Praktikan,


Sigit Slamet Raharta
NIM 07201289022





Nilai :
………LEMBAR KEGIATAN SISWA(LKS)

Nama Siswa : ......................................................................................
Kelas, No.Urut : VII D,…………
Sekolah : SMP Negeri 9 Yogyakarta
Soal :
1. Menuliskan kembali naskah dongeng yang pernah dibaca atau didengar

Judul Dongeng : ……………………………………………………………………..
Tokoh-tokoh dalam Dongeng : 1………………
2………………
3………………
4………………
5………………
Pokok-pokok dongeng :
1………………………………………………………………………………………………………………
2………………………………………………………………………………………………………………
3………………………………………………………………………………………………………………
4………………………………………………………………………………………………………………
5………………………………………………………………………………………………………………

Menuliskan kembali dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng dengan bahasa sendiri
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Tidak ada komentar: